22 Mei 2020 04:50

Rakimin Geram Dua Perusahaan Belum Bayar THR, Ini Jawaban Humas dan Kadisnaker

MyPassion
Rakimin Ibrahim

MANADOPOST.ID- Tunjangan Hari Raya (THR) yang menjadi hak karyawan, ternyata belum dibayarkan oleh dua perusahaan tambang yang berlokasi di Kecamatan Ratatotok Raya. Dua perusahaan tersebut, beber Anggota DPRD Mitra Rakimin Ibrahim adalah Hakian Welem Rumansi (HWR) dan Sumber Energi Jaya (SEJ).

"Ada dua perusahaan tambang belum bayar THR dan berdasarkan Permenaker no 6/2016 pekerja atau buruh yang mempunyai masa kerja 1 bulan berhak mendapatkan THR keagaman dari perusahaan, perusahaan wajib membayar paling lambat 7 hari sebelum hari raya, dan berdasarkan regulasi yang berlaku sanksi bagi perusahan yang mangkir membayar THR adalah pembatalan  kegiatan usaha dan pemberhetian sementara serta pembekuan kegiatan usaha," kata Rakimin Ibrahim.

MANADOPOST.ID langsung melakukan pengecekan kepada dua perusahaan tambang yang dimaksud dan mendapatkan informasi dari pihak SEJ. "Minggu lalu kami sudah membayarkan THR secara proposional sesuai masa kerja," tulis Humas SEJ Henly Tuela menjawab pertanyaan melalui pesan text. Sementara untuk perusahaan HWR masih dilakukan upaya konfirmasi terkait masalah ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Minahasa Tenggara Jan Wawointana mengaku belum mendapatkan informasi jika ada perusahaan di Mitra yang belum membayar THR. "Sampai saat ini kami belum mendapatkan laporan dari tenaga pekerja,"ujarnya singkat.(gers)

Kirim Komentar