22 Mei 2020 11:24

2,7 Triliun Mengalir ke Sulut, BI: Uang Sudah Dikarantina 14 Hari

MyPassion

MANADOPOST.ID--Perayaan Idul Fitri 1441 Hijriah tahun ini memang akan dilewati di tengah bencana non alam Covid-19. Namun Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sulut menjamin, ketersediaan uang kartal bisa memenuhi kebutuhan masyarakat.

Jumlahnya mencapai Rp2,6 triliun. Kepala Divisi Sistem Pembayaran dan Pengelolaan Uang Rupiah (SP PUR) BI Sulut Haratua Panggabean membeber dana tersebut didistribusikan ke beberapa perbankan yang ada di Sulut. Dia tak menampk, jumlah tersebut mengalami penurunan sekira 28 persen dibandingkan tahun sebelumnya. “Berdasarkan analisa kebutuhan memang hanya seperti itu. Apalagi ini sedang dalam masa pandemik,” sebutnya.

Tahun ini, lanjut dia, ada sekira 74 titik lokasi penukaran yang disediakan oleh beberapa perbankan. Yang sudah belangsung dari 11 Mei lalu, (lihat grafis). Sambungnya, BI pihaknya, juga tak menggelar penukaran uang receh seperti tahun sebelumnya. Karena kondisi masih kurang baik.

Panggabean pun memastikan uang tunai yang disiapkan BI telah melalui protokol kesehatan dalam rangka pencegahan Covid-19. "Sebelum diedarkan uang tersebut sudah dikarantina selama 14 hari. Juga sudah melewati proses disinfeksi. Bahkan petugas yang menanganinya juga ikut protokol kesehatan," katanya memastikan, sembari mengimbau agar masyarakat memanfaatkan layanan transaksi keuangan nontunai yang disediakan perbankan.

Baik itu internet banking, mobile banking atau bisa melalui penyedia sistem pembayaran nontunai. "Dengan transaksi nontunai, kita tidak perlu ke bank atau ATM sekaligus terhindar dari kontak dengan uang, meminimalisir potensi penularan Covid-19," tukasnya.

Sebelumnya, Kepala Departemen Komunikasi BI Pusat Onny Widjanarko Menekankan, pihaknya berkomitmen menjamin keberlangsungan operasional sistem pembayaran BI baik secara tunai dan nontunai serta sistem pembayaran industri guna memastikan kelancaran sistem pembayaran nasional dalam memfasilitasis kegiatan perekonomian dan kebutuhan masyarakat di tengah upaya penanggulangan pencegahan penyebaran COVID-19, khususnya pada periode Ramadan/Idulfitri 1441 H.

BI telah berkoordinasi erat dengan industri (PJSP & PJPUR)  dalam mempersiapkan jadwal kegiatan operasional BI pada Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah. Termasuk dalam menyediakan uang layak edar dalam jumlah yang memadai dan higienis serta layanan penukaran uang di seluruh Indonesia khususnya dalam periode Idul Fitri.

“Kami senantiasa memperhatikan keputusan pemerintah dalam menegakkan protokol pencegahan Covid-19 selama masa PSBB, seperti terus memperkuat pelaksanaan K3 (Keamanan, Kesehatan, dan Keselamatan Kerja) bagi pegawai BI dan mitra kerja, menerapkan mekanisme bekerja dari rumah, melaksanakan tugas kritikal dari beberapa lokasi yang tersebar (split operation), termasuk melarang pegawai BI untuk mudik,” katanya.

Dari sisi perbankan, Pemimpin Cabang BRI Cabang Manado Decky Permadi mengaku, sampai saat ini belum ada angka yang pas soal berapa total uang yang disediakan menjelang Idul Fitri. “Angka pasti saya belum tahu. Esok (hari ini) akan saya kabarkan,” singkatnya.(ayu/gnr)

Kirim Komentar