04 Mei 2020 12:11

Siswi SMAN 9 Manado Ukir Prestasi Nasional

MyPassion
Yestika Mantiaha

MANADOPOST.ID - Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) lalu mempunyai momen tersendiri bagi SMAN 9 Binsus Manado. Dikarenakan salah satu siswi telah mengukir prestasi nasional, dan siap berlaga di Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua 2021.

Seharusnya PON Papua diselenggarakan November 2020 ini namun karena adanya pandemi Corona Virus Desase (Covid-19), Presiden Joko Widodo telah memutuskan pelaksanaannya ditunda ke tahun 2021.

"Siswi berprestasi kami bernama Yestika Mantiaha. Dia itu atlet PON untuk cabang olahraga bela diri Muay thai, ia meraih emas saat Pra PON,” ungkap Hendra Massie, guru olahraga SMAN 9 Binsus Manado.

Katanya, Yestika memang berpenampilan sederhana. Tak banyak bicara, namun oleh teman-temannya dia dikenal sebagai sosok yang hangat.

Siswi yang kini Kelas XI IPA 11 ini menuturkan medali emas ini sebagai kado saat Hardiknas, kedepan pihaknya menargetkan mendapatkan medali emas di PON Papua. 

Ia juga sangat antusias menceritakan pengalamannya dalam olahraga asal Thailand ini. “Saya mulai ikut Muay thai sejak kelas X. Pertama kali ikut pertandingan di Banten,” ujarnya. 

Meraih prestasi di ajang tersebut semakin menggiatkan Yestika untuk berlatih. Membagi waktu antara latihan bela diri dan belajar mutlak dijalani. Pihaknya bahkan selama satu tahun tinggal di sekolah untuk menjalani training camppersiapan Pra PON.

Keseriusan menjalani porsi latihan selama itu membuahkan hasil manis. Dalam ajang Pra PON di Jakarta beberapa waktu lalu, dia mengukir hasil gemilang dengan menyabet medali emas. “Waktu itu pertandingan di Jakarta, saya meraih medali emas untuk wilayah timur, sekaligus lolos ke PON Papua,” ucapnya dengan mata berbinar.

Ditengah pandemi Covid-19 ini, membuat  agenda latihannya berubah. “Saya latihan sendiri di rumah, kemudian mengirim laporan berupa foto dan video di grup untuk dipantau oleh pelatih,” ujarnya.

Dia berharap pandemi Covid-19 ini segera berakhir sehingga bisa menjalani porsi latihan dengan baik, sekaligus meraih hasil terbaik di PON Papua. (Lina Pendong)

Kirim Komentar