07 Apr 2020 22:20

Manado Terbukti Jadi Daerah Transmisi Lokal Covid-19

MyPassion
Steven Dandel

MANADOPOST.ID- Sejak hari ini Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), dinyatakan sebagai salah satu daerah yang mempunyai bukti adanya epidermi transmisi lokal. Hal tersebut dibeberkan, Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Sulut Steven Dandel, Selasa (7/4) dalam konferensi pers.

"Jadi Manado sebagai daerah transmisi lokal ini, karena ada 5 kasus pertama, telah di dinyatakan Pemerintah Pusat, 5 diantaranya kasus diketahui, datang dari daerah dengan transmisi lokal diluar Manado. Namun ada 1 kasus, yang betul terkait dengan kasus pasien nomor 1. Tetapi kemudian hanya terjadi dalam satu institusi. Sejak itu, tim surveilans, dengan sangat detail secara terus menerus, mencari bukti apakah dari sekian banyak kasus sudah ada bukti, penjangkitan ke orang yang tidak melakukan perjalanan ke daerah terjangkit," tuturnya.

Karena menurut Dandel, jika benar itu terjadi, maka bisa menyimpulkan bahwa di daerah Sulut terutama di Kota Manado, telah terjadi penjangkitan lokal. "Artinya orang tidak perlu ke daerah dengan transmisi lokal, dia terjangkit di Kota Manado. Dan itulah yang terjadi, dan sudah dinyatakan bahwa Kota Manado adalah salah satu daerah dengan bukti transmisi lokal. Yang paling penting, makna dari daerah transmisi lokal, adalah setiap warga Kota Manado, harus mengantisipasi. Bisa saja, kemungkinan disekitar kita, berpotensi menularkan. Tetapi, tidak semua orang membawa Covid-19. Tidak demikian," terangnya.

Daerah transmisi lokal itu menurut Dandel, hanya membuktikan bahwa di Kota Manado, terdapat kasus, yang tidak melakukan perjalanan ke daerah dengan transmisi lokal, tetapi sudah terbukti positif Covid-19. "Penanganan daerah transmisi lokal ini, yang terpenting bahwa sistem kesehatan di Kota Manado, harus mengantisipasi adanya kasus-kasus yang melapor di fasilitas kesehatan dnegan gejala-gejala yang menyerupai Covid-19. Itu yang harus diawasi. Sebaran kasus ini memang dari pasien yang datang dari transmisi lokal. Dan ini harus diperhatikan petugas kesehatan, dimana pun," jelasnya.

Dandel mengatakan, semua petugas kesehatan di Kota Manado, jika ada pasien dengan gejala batuk dan pilek, maka harus mengantisipasi dan memeriksa dengan cepat, adanya kemungkinan bahwa yang bersangkutan ke arah Covid-19. "Dengan status daerah transmisi lokal ini, maka kita akan melakukan pemeriksaan secara cepat. Tapi yang paling prioritas pertama ini adalah seluruh kontak erat dengan pasien. Itu yang harus cepat kira periksa," kuncinya. (ewa)

Kirim Komentar