01 Apr 2020 19:26

Pasien Positif Covid-19 Warga Tomohon

MyPassion
Steven Dandel

MANADOPOST.ID- Kasus Covid-19 di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) kembali bertambah satu. Pasien tersebut sebelumnya berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang teridentifikasi unsur genetik dari SARS-Cov-2 atau nama virus yang menyebabkan Covid-19.

"Jadi memang dari hari Minggu, kita sudah dapatkan pemberitahuan ada satu pasien dalam sampelnya yang teridentifikasi unsur genetik dari SARS-Cov-2 atau nama virus yang menyebabkan Covid-19. Dan hari ini kita mendapatkan konfirmasi, yang bersangkutan telah dinyatakan positif. Dan itu sudah secara resmi diumumkan Pemerintah Pusat. Karena selama itu belum diumumkan Pemerintah Pusat, kita belum bisa menyampaikan hasil tersebut," ungkap Kepala Bidang Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Daerah Sulut Steven Dandel, Rabu (1/4) malam.

Lanjut Dandel, yang bersangkutan datang ke Sulut, dari perjalanan sebelumnya ke Eropa, kurang lebih pertengahan Maret. "Jadi setelah datang dari Eropa, yang bersangkutan satu, dua hari, berada di Kota Manado. Kemudian merasa sakit dan berobat, dari situ kemudian dirujuk ke ruang isolasi, karena memenuhi syarat sebagai PDP. Sampelnya telah diambil dan sudah terkonfirmasi positif Covid-19," terangnya.

Dandel juga mengatakan, PDP tersebut berjenis kelamin perempuan dengan usia 39 tahun. "Yang bersangkutan memasukkan alamat ke kami dengan KTP sebagai warga Kota Tomohon. Tapi setelah yang bersangkutan datang ke Manado, dia tidak pernah bertemu orang. Dia melakukan isolasi mandiri, dirumahnya. Sehingga pressing kontaknya bisa kita ketahui," imbuhnya.

Dandel mengungkapkan, pasien yang baru terkonfirmasi positif tersebut, memiliki kontak erat resiko tinggi sebanyak tujuh orang. Dan semua ungkapnya, telah diketahui serta telah diminta untuk melakukan isolasi secara mandiri dirumah dengan pengawasan ketat dari tim medis. "Besok mereka akan melakukan pemeriksaan Swab. Itu untuk membuktikan apakah sudah sempat tertular atau tidak," terangnya.

Ada juga berita menggembirakan menurut Dandel, ada dua PDP yang sedang diisolasi, telah mendapatkan hasil laboratorium dan dinyatakan negatif. "Jadi dua ini belum kita keluarkan dari ruang isolasi. Itu sudah kita teruskan ke pihak RSUP Prof Kandou Manado. Jadi kemungkinan besok, sudah akan dikeluarkan. Pemeriksaan Swab juga sudah dua kali dinyatakan negatif. Sudah ada juga beberapa kasus yang kita lakukan pemeriksaan Swab, tapi kita sementara menunggu untuk hasil pemeriksaan kedua," kuncinya.(ewa)

Kirim Komentar