25 Mar 2020 10:20

Satu PDP Terkait Covid-19 Dirawat di RSUD Tagulandang

MyPassion
Ilustrasi

MANADOPOST.ID- Satu Pasien Dalam Pengawasan (PDP) terkait Corona Virus Disease (Covid-19) di Kabupaten Kepulauan Sitaro berada di RSUD Tagulandang, sejak Selasa (24/3). 

Kepala Dinas Kesehatan Sitaro Dr Semuel Raule selaku Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 menyampaikan, dari pemantauan aktivitas masyarakat dari dan ke wilayah Sitaro tercatat sebanyak 10 Orang Dalam Pengawasan (ODP). 

"Empat orang dicabut status ODP-nya pada 20 Maret lalu, sedangkan enamnya lagi masih dalam pemantauan," katanya. 

"Namun saat ini di Sitaro sudah tercatat 1 orang PDP pada 24 Maret kemarin, dan saat ini sedang berada di RS Umum Tagulandang dan kami telah melaporkannya ke gugus tugas provinsi," terangnya. 

Untuk itu dirinya pun mengimbau kepada seluruh masyarakat yang tersebar di Kepulauan Sitaro, agar mengisolasi diri di rumah masing-masing. 

Bahkan pada 18 Maret lalu pun Bupati Evangelian Sasingen telah mengeluarkan surat edaran tentang imbauan kepada masyarakat Sitaro atas penanganan pencegahan dan penyebaran COVlD-19. 

"Ya sedapat mungkin masyarakat menghindari tempat karamaian atau berkumpulnya orang banyak. Seperti di pasar, terminal, pelabuhan, supermarket, tempat hiburan, dan tempat keramaian lainnya," ucapnya. 

Bahkan katanya, menjaga jarak minimal 2 meter ketika bertemu/berpapasan dengan orang lain atau beraktifitas diluar rumah.

"Dan sebisa mungkin melaksanakan pekerjaan dari rumah. Serta menunda perjalanan atau membatalkan pertemuan yang memungkinkan terjadinya kerumunan banyak orang. Sehingga dapat mencegah penyebaran Covid-19," ujarnya. 

Pun bupati menyarankan kepada masyarakat, untuk tetap menjaga daya tahan tubuh terhadap penyakit, dengan cara istirahat cukup, rajin melakukan aktifitas fisik dan mengkonsumsi gizi seimbang. 

"Dan jika ada informasi lebih lanjut mengenai Covid-19 agar segera menghubungi call center Pemkab Sitaro melalui sambungan nomor telfon 082189222217," kuncinya. (cw-04)

Kirim Komentar