25 Mar 2020 15:14

Kunjungan Objek Wisata Dibatasi

MyPassion

MANADOPOST.ID-Dampak Covid-19 di Kabupaten Minahasa, sangat mempengaruhi objek wisata yang rentan dikerumuni banyakorang. Pemkab Minahasa, melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) menerapkan kebijakan meneruskan instruksi Bupati Minahasa Dr Royke Octavianus Roring MSi dan Wakil Bupati DR Robby Dondokambey SSi tentang sosial distancing.

Disparbud membatasi wisatawan untuk mengunjungi tempat tempat obj ekwisata yang ada di Kabupaten Minahasa. Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Minahasa Drs Teddy Sumual mengatakan, sementara ini memang belum ada wisata konsentrasi yang terpusat terkait indikasi virus. Namun pihaknya sudah melakukan pengawasan disetiap wisatawan untuk membatasi kunjungan di hari-hari tertentu apabila volume pengunjung signifikan.

"Biasanya kan akhir pekan sering ramai, makanya dibatasi, jika sudah ramai pengunjung, objek wisata tersebut harus dikurangi kedatangan pengunjung oleh petugas wisata," ujar Sumual, Senin (23/03). Meski begitu pengunjung tetap dipersilahkan ketika kebetulan melewati objek wisata tersebut.

Lalu ingin mengambil foto ataupun mengabadikan momen, kemudian kembali pulang. Menurut Sumual, menindaklanjuti imbauan pemerintah tentang penerapan sosial distancing, masyarakat Minahasa sangat merespon. Ini melihat jumlah pengunjung yang ada mulai berkurang.

"Sementara ini kami sedang mengevaluasi tingkatan pengunjung setiap wisata, disamping itu menyiapkan logistik anstipatif berupa adanya handsanitizer di pintu masuk dan tempat kuliner yang ada,” urainya.

Ditambahkan mantan camat Langowan utara ini selain membatasi pengunjung, pengusaha kuliner juga dihimbau untuk belum melakukan aktivitas kuliner di objek wisata Juga lanjut Sumual bahwa pemerintah terus menghimbau untuk menghindari kerumunan seperti di hotel dan restoran. kalaupun masih ada, pengunjung diminta untuk memanfaatkan sarana dan fasilitas pencegahan yang ada "Hindari kunjungan yang berpotensi, sebagaimana imbauan bupati dan wakil bupati untuk stay bersama keluarga di rumah," tandasnya.(cw-01/gnr)

 

Kirim Komentar