24 Mar 2020 10:41

Pilbup Minsel Kans Empat Pasang

MyPassion

MANADOPOST.ID- Pemilihan Bupati (Pilbup) Minahasa Selatan (Minsel), diprediksi bakal menjadi yang paling ramai. Melirik dinamika politik belakangan, peluang hadirnya empat pasangan calon (paslon) sangat terbuka.

Sejauh ini, PDIP dan Golkar yang punya modal untuk mengusung calon sendiri tanpa koalisi sudah punya jagoan masing-masing. Wakil Bupati Frangky Wongkar jadi jagoan partai berlambang banteng. Sementara Ketua PMI Minsel Michaela Elsiana Paruntu (MEP) yang merupakan adik kandung bupati petahana, Christiany Eugenia Paruntu dipastikan akan diusung Golkar.

Informasi didapat, parpol pemilik 10 kursi sisa sedang membangun komunikasi politik untuk membentuk poros baru. Figur Bupati Pertama Minsel Ramoy Markus Luntungan hingga Mantan Anggota DPR RI asal Sulteng Verna Ingkiriwang menguat untuk diusung. Sementara calon lain, Royke Sondakh datang dari jalur perseorangan. Berkas dukungan sebagai cabup independen sedang diverifikasi KPU Minsel.

Pengamat politik Max Rembang menilai masing-masing figur yang mencuat punya kapasitas dan kapabilitas. “Mereka punya basis massa yang jelas. Arus dukungan juga kuat. Pilkada akan ramai,” nilai dia.

Dia menilai, Pilbup bisa dua putaran bila aturan pemenang harus meraih minimal 30 persen suara. “Jadi kampanye dan jualan program ke masyarakat juga harus efektif untuk mendapatkan kantong-kantong suara yang mengambang,” tuturnya.

Ketua PDIP Minsel Steven Lumowa mengatakan, PDIP sudah punya paslon sendiri. Namun, pihaknya tak menutup peluang koalisi dengan parpol lain yang ingin ikut mendukung calon yang diusung. “Konsolidasi sementara dilakukan. Kami yakin menang,” ujarnnya optimis.

Di sisi lain, Ketua Golkar Minsel James Arthur Kojongian (JAK) menyebut, MEP sudah mendapatkan rekomendasi DPP. Kini pihaknya sedang mencari cawabup yang paling tepat sebagai pendamping. “Komunikasi juga sedang kita lakukan untuk mencari teman koalisi. Kami terbuka,” ungkap dia.

Terpisah, Demokrat Minsel juga masih dalam tahap konsolidasi. “Kami masih melihat peluang yang ada. Komunikasi dengan partai lain sementara kita lakukan,” tukas Ketua Demokrat Minsel Royke Kaloh.(jen)

Kirim Komentar