24 Mar 2020 11:47
Awasi Warga dari Luar Daerah

Damkar Keliling Manado, Semprot Disinfektan

MyPassion
CEGAH: Mobil Damkar melakukan penyemprotan di Jalan Piere Tendean di Depan Mantos, kemarin.

MANADOPOST.ID- Melakukan pencegahan Covid-19, Pemerintah Kota Manado melakukan penyemprotan disinfektan di pusat Kota Manado, Senin (23/3) kemarin.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Manado Sonny Rompas mengatakan, sesuai arahan Wali Kota Manado GS Vicky Lumentut (GSVL) dan Wakil Wali Kota Manado Mor Bastiaan pihaknya melakukan penyemprotan disinfektan di Pasar 45, Jalan Sam Ratulangi, Jalan Piere Tendean Boulevard dan Pasar Bersehati. "Ada dua mobil Damkar yang digunakan untuk melakukan penyemprotan," ujarnya.

Menurut dia, hari ini pihaknya akan melakukan penyemprotan disinfektan  di Kecamatan Tuminting dan Bunaken. "Penyemprotan ini dilakukan untuk memutus mata rantai Covid-19 dan dilaksanakan setiap pagi hari," ungkapnya.

Sementara itu, Wali Kota Manado GS Vicky Lumentut melalui Ketua Satgas Covid-19 Kota Manado Micler Lakat mengimbau masyarakat melakukan peningkatan kewaspadaan dan upaya pencegahan meluasnya wabah corona. "Seluruh camat beserta jajarannya baik lurah dan kepala lingkungan terus melakukan pemantauan potensi penyebaran virus corona di wilayahnya masing-masing. Segera melaporkan kepada Satgas kesiapsiagaan dan Pengendalian terhadap penularan Covid-19 Pemkot Manado atau lewat Call Center 112 bila menemukan kasus terindikasi kuat Covid-19," ungkapnya.

Dia juga mengimbau masyarakat tidak panik mendengar informasi Covid-19 serta tidak turut menyebar informasi yang tidak dapat dipastikan kebenarannya atau hoax. "Mendata dan melaporkan masyarakat di wilayah masing-masing yang telah melakukan perjalanan ke luar daerah, di dalam maupun luar negeri untuk melaporkan diri kepada pemerintah setempat atau kepala lingkungan dengan menyampaikan daerah yang dikunjungi," imbaunya.

Dia meminta camat, lurah dan kepala lingkungan memberikan edukasi ke masyarakat terkait Covid-19 tentang cara pencegahan dengan rajin mencuci tangan pake sabun anti bakteri, memakai masker yang baik, menggunakan hand sanitizer, menutup hidung dengan lengan atas ketika batuk dan bersin. "Mengurangi kontak fisik dengan orang lain terutama individu yang sakit atau benda-benda yang menyebabkan penyebaran virus, tidak melakukan jabat tangan. Menghubungi call center 112 ketika mengalami gejala demam, batuk dan gangguan pernapasan atau memiliki perjalanan riwayat ke luar daerah melalui call center 112," pungkasnya.(ite/gel)

Kirim Komentar