23 Mar 2020 18:14
#KawanuaAroundTheWorld

Cerita Kawanua di NY: Nganggur Sementara, Saling Berbagi Informasi sesama Manadonese

MyPassion
Suasana di area Times Square, New York berubah jadi sepi beberapa hari sebelum lockdown dimulai. (Sasha for MP)

MANADOPOST.ID - Kota New York (NY) resmi di-lockdown sejak Minggu (22/3) malam. Keputusan ini diambil pemerintah setempat pasca wabah Virus Korona atau Covid-19 meluas.

Erick Oktavian, salah satu kawanua yang tinggal di kota berjulukan The Big Apple itu menceritakan pengalaman beberapa hari sebelum New York kena lockdown.

Kepada Manado Post, Erick menuturkan, 16 Maret lalu, Wali Kota New York Bill de Blasio menandatangani perintah untuk membatasi kegiatan perhotelan baik pengiriman yang dibawa ke dalam ataupun ke luar. Hal itu juga berlaku untuk restoran, bar, kehidupan malam hingga kafe.

"Untuk mengantisipasi penyebaran virus, akhirnya para warga NY #dirumahaja. Imbasnya sangat dirasakan bagi kami, para pekerja hotel gara-gara harus 'libur' sementara waktu," tuturnya.

Departemen Tenaga Kerja NY pun kewalahan. Banyak warga kehilangan pekerjaan mereka sementara karena global pandemik ini. "Saya sendiri harus mencoba setidaknya 5 hari untuk menyelesaikan aplikasi pengangguran online karena situs itu crash setiap kali dicoba masuk," bebernya.

Di sisi lain, keadaan kota NY sudah terlihat mulai sepi. Tak ada kegiatan lebih di luar. "Jalanan sepi. Yang ke luar sebagian besar hanya pergi supermarket untuk beli bahan makanan," jelas Erick.

Dirinya bersyukur karena komunitas Manadonese selalu kompak. Satu sama lain saling berbagi informasi tentang semua yang dibutuhkan saat ini. Seperti pencegahan, informasi pemerintah, kemana harus menghubungi atau bantuan pemerintah lainnya.

"Di titik ini, kami sedang berusaha melakukan yang terbaik yang diminta oleh pemerintah, seperti social distancing, karantina jika merasa tidak sehat. Karena mulai hari ini lockdown sudah dimulai sampai ada pemberitahuan lebih lanjut," imbuhnya lagi.

Dirinya juga berpesan agar semua terus jaga kesehatan. "Semoga keadaan ini cepat pulih," tukasnya. (mpid)

Kirim Komentar