16 Mar 2020 11:24

Poltekkes Manado Resmi Punya Gedung Jurusan Kesehatan Gigi

MyPassion
Kaban PPSDM Kesehatan RI Prof dr Abdul Kadir PhD SpTHT-KL (K) MARS saat menandatangani prasasti didampingi Direktur Poltekkes Kemenkes Manado Dra Elisabeth Barung MKes Apt dan ketua-ketua jurusan.

MANADOPOST.ID-- Kepala Badan PPSDM Kesehatan RI Prof dr Abdul Kadir PhD SpTHT-KL (K) MARS meresmikan gedung Jurusan Kesehatan Gigi Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Manado. Kegiatan di Kampus A ini dilaksanakan Sabtu (14/3) pekan lalu.

Prof Abdul mengatakan kesehatan masyarakat di Indonesia ini sangat tergantung pada kualitas SDM kesehatan. “Jadi sebagaimana kita membangun infrastruktur dan membangun rumah sakit yang luar biasa canggih dan peralatannya juga sangat bagus itu harus didukung dengan SDM kesehatan yang berkualitas. Oleh karena itu peranan Poltekkes Kemenkes Manado ini sungguh luar biasa penting,” katanya.

Dia berharap, direktur dan jajaran Poltekkes Kemenkes Manado betul-betul dapat menjamin bahwa lulusannya itu mempunyai kualitas yang memadai. "Semoga gedung ini dapat dipelihara dengan baik dan paling penting adalah memanfaatkannya dengan semaksimal mungkin. Jadi diharapkan semua proses pendidikan Jurusan Kesehatan Gigi dilaksanakan di gedung ini dan sedapat mungkin utility ditingkatkan. Misalnya waktu sebelum ada gedung baru ini kuota mahasiswanya 100 sekarang ini harus dinaikan kuotanya supaya output kita meningkat karena kebutuhan masyarakat akan pelayanan kesehatan itu semakin meningkat," ujar Prof Abdul.

Sebelumnya Direktur Poltekkes Kemenkes Manado Dra Elisabeth Barung MKes Apt, melaporkan gedung Jurusan Kesehatan Gigi ini dibagun tahun anggaran 2019 di atas tanah milik sendiri atas nama Pemerintah Republik Indonesia, dengan luas bangunan 2.272 meter persegi empat lantai. "Semua bangunan yang diresmikan mulai dari proses perencanaan, pembangunan konstruksi dan pengawasan sepenuhnya berpedoman kepada peraturan mekanisme pengadaan barang dan jasa pemerintah," ujarnya.

Dia menambahkan, selain itu juga selama pembangunan ini dikawal Tim TP4D Kejaksaan Tinggi Sulut dan telah diaudit oleh Badan Pemeriksaan Keuangan, dan hasilnya tidak ada temuan. "Perkembangan Poltekkes Kemenkes Manado tidak terlepas dari berbagai upaya dan kerjasama semua pihak, dimana gedung-gedung jurusan maupun laboratorium sudah berdiri dan representatif," ucap Barung.

Dirinya juga mengucapkan ungkapan terima kasih kepada pemerintah Provinsi Sulut yang telah menghibahkan tanah seluas 18.410 meter persegi untuk Poltekkes Kemenkes Manado. "Kami juga berterimakasih kepada Kementerian Kesehatan RI melalui Badan PPSDM Kesehatan yang telah mengalokasikan dana untuk pembangunan gedung ini," tutup Barung.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulut diwakili Kabid SDK Farmasi dan Alkes Drs Djonny S Matali Apt, Ass Intel Kejati Sulut Stanley Bukara SH, Kabag Diklit RSUP Kandou Manado Irwan Kawulusan SH dan Pdt Sofly Maki MTh. (tan)

Kirim Komentar