26 Feb 2020 10:50

Mendagri Tito Karnavian Beberkan Alasan Pelantikan E2L di Kemendagri

MyPassion
Mendagri Tito Karnavian saat menjawab pertanyaan awak media usai pelantikan. (Foggen Bolung/MP)

MANADOPOST.ID--Mendagri Tito Karnavian mengungkapkan penyebab pelantikan bupati Elly Engelbert Lasut (E2L) dan wakil Moktar Arunde Parapaga tidak dilakukan Gubernur Sulut Olly Dondokambey.

Usai pelantikan, Tito saat meladeni doorstop wartawan menyatakan, Gubernur OD memiliki pandangan hukum sendiri soal pelantikan. “Kalau ada permasalahan yang lain, yang menganulir, itu permasalahan yang lain. Sehingga pelantikan tetap harus dilaksanakan,” kata mantan Kapolri ini.

Dia melanjutkan, dirinya sebagai Mendagri membuka komunikasi dengan gubernur untuk meminta melantik. “Tapi beliau menyampaikan, ada perbedaan pandangan hukum dari Pak Gubernur yang akan bersikukuh terhadap beliau. Jika melaksanakan pelantikan oleh Pak Gubernur,” terang Tito.

Karena alasan itu, lanjutnya, pelantikan diserahkan kepada Mendagri. “Saya selaku Mendagri melihat dari proses hukum. Meyakini proses pilkada selesai. Pelantikan harus tetap dilaksanakan. Jika ada masalah lain menyangkut administrasi sebelum itu, itu adalah persoalan lain yang harus diselesaikan dengan mekanisme yang lain,” sebutnya.

“Oleh karena itu dilaksanakan pelantikan agar ada kepastian hukum. Dan sekaligus juga untuk terjadi tata kelola pemerintah yang baik,” pungkas Tito. (fgn)

Kirim Komentar