22 Feb 2020 10:40

Kabar Duka!! Astronom Sulut Prof Mezak Berpulang

MyPassion
Mezak Arnold Ratag. (Istimewa)

MANADOPOST.ID- Salah satu putra terbaik Sulawesi Utara berpulang. Prof Dr Mezak Arnold Ratag dikabarkan meninggal pagi tadi (22/2).

Mezak Arnold Ratag lahir 24 September 1962. Dia adalah seorang ilmuwan, tepatnya astronom lulusan Institut Teknologi Bandung, yang menemukan Planetary Nebula Cluster.

Meskipun lahir di Malang, pendidikannya tak ia tempuh di sini, melainkan di Manado, Bandung, dan Belanda. Ia menempuh sekolah dasar dan menengah di SD dan SMP Laboratorium IKIP Manado. Ia juga pernah dinobatkan menjadi Pelajar Teladan tingkat SLTA Provinsi Sulawesi Utara dan juga Pelajar Teladan Nasional tahun 1980. Selanjutnya, ia melanjutkan pendidikan ke jenjang menengah atas di SMA Negeri 1 Manado.

Kemudian ia diterima sebagai mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) dengan bebas ujian saringan masuk perguruan tinggi. Pada Oktober 1985, ia berhasil menyelesaikan studi S1 Astronomi dengan predikat cum laude.

Lulus dari ITB, Mezak melanjutkan studi S2 dan S3 di Groningen, Belanda. Tepatnya di Rijksuniversiteit te Groningen. Dalam akhir studinya ini, lagi-lagi ia mendapatkan kesempatan untuk dapat langsung melanjutkan ke jenjang doktor tanpa harus menempuh ujian doktoral.

Pada tahun 1991, Mezak Arnold Ratag berhasil memperoleh gelar doktor. Disertasi yang dibuatnya berjudul ‘A Study of Galactic Bulge Planetary Nebulae’.

Tak hanya berkiprah di tingkat nasional dan internasional, Prof Mezak juga sempat mengabdi di Sulawesi Utara. Dia menjadi Rektor UKIT AZR Wenas 2017-2019.

Selamat jalan Prof Mezak...(*)

Kirim Komentar