14 Feb 2020 09:16

Tol Tuntas, Kereta Api Manado-Bitung Running

MyPassion
Edwin Silangen

MANADOPOST.ID- Perwujudan kereta api Manado-Bitung, ternyata bukan hanya wacana belaka. Rencana pembangunan tersebut, sudah dijadikan prioritas oleh pemerintah. Baik pemerintah daerah maupun pemerintah pusat. Hal itu dibenarkan Sekretaris Provinsi Sulut Edwin Silangen, Kamis (13/2) kemarin.

"Pembangunan kereta api Manado-Bitung ini memang akan diwujudkan. Ini telah dibahas secara bersama dengan Bappenas. Dan telah mendapatkan persetujuan sebagai prioritas untuk dilakukan. Namun untuk saat ini, kereta api Manado-Bitung ini belum menjadi prioritas utama. Melainkan ditetapkan Bappenas sebagai prioritas kedua setelah Tol Manado-Bitung dan KEK Pariwisata," ungkapnya.

Silangen mengatakan, jika Tol Manado-Bitung dan KEK Pariwisata telah tuntas. Maka akan ada fokus lebih untuk mengerjakan kereta api Manado-Bitung. Tapi Silangen memastikan, bahwa kereta api Manado-Bitung telah ditetapkan prioritas kedua dalam mendukung daerah industri KEK Bitung. Dan juga menjadi akses cepat untuk menjangkau Internasional Hub Port (IHP) Bitung.

"Proses Detail Engineering Design (DED) sudah berjalan dengan baik. Trase atau jalur juga sudah disiapkan. Itu mengikuti trase Tol Manado-Bitung. Dan untuk saat ini belum ada dukungan APBN untuk kereta api Manado-Bitung. Tapi kedepan, dipastikan akan ada. Karena APBN dikucurkan untuk saat ini yang menjadi prioritas. Ya mudah-mudahan tahun depan, proses pembebasan lahan sudah bisa dilakukan. Tidak juga akan memakan lahan yang banyak. Hanya sekitar 10 meter lebar lahannya. Dan mengikuti panjang Tol Manado-Bitung," ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sulut, Jenny Karouw juga membenarkan adanya pembangunan sektor transportasi yang besar di Sulut. Pasalnya dinilai Karouw, Sulut yang menjadi daerah prioritas dimungkinkan untuk membangun sejumlah megaproyek. Dan kereta api Manado-Bitung ini menurutnya, berpotensi dimulai tahun depan.

"Saat ini fokus pemerintah ada pada KEK Pariwisata Tanjung Pulisan, Tol Manado-Bitung serta beberapa proyek prioritas lain. Jika semua itu sudah tuntas tahun depan, maka fokus akan beralih pada pembangunan kereta api Manado-Bitung. Karena itu, kita tentu meminta dukungan penuh masyarakat Sulut agar semua pekerjaan ini bisa tuntas dalam jangka waktu yang ditargetkan," kuncinya. (ewa/tan)

Kirim Komentar