14 Feb 2020 15:48

Ratusan Randis Nunggak Pajak

MyPassion

MANADOPOST.ID--Ratusan kendaraan di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) menunggak pajak. Dari data yang dihimpun  Manado Post di kantor Samsat Bolsel, Kamis (13/2) kemarin, dari 106 kendaraan dinas (Randis) yang menunggak pajak, 100 diantaranya kendaraan roda dua, dan 6 kendaraan roda empat. Hal ini dibenarkan Koordinator Samsat Kotamobagu di Bolsel Henry Kapahang.

Dia mengatakan, pihaknya masih akan mencocokan data tersebut dengan yang ada di Pemkab Bolsel. “Jangan sampai ada dari 106 kendaraan ini yang sudah dilelang," ujarnya.

Dia juga mengajak agar semua kendaraan plat merah yang menunggak pajak, untuk melunasi kewajibannya. “Sekarang kan gampang mau bayar pajak, cukup datang 2 menit sudah selesai asalkan surat-suratnya lengkap," sebutnya.

Terpisah, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD)   Lasya Mamonto menjelaskan, tahun lalu itu, Pemkab Bolsel telah memberikan langsung data yang dilelang kepada provinsi. “Memang benar data itu 106 randis. Tapi itu sudah dilelang dan ada aset desa bukan milik Pemkab lagi," tegas Mamonto.

Menurutnya, sekarang ini pihaknya lagi mengkroscek  106 data dari Samsat untuk disesuaikan dengan milik Pemkab. “Mungkin data ini belum diupdate. Karena sesuai dengan regulasi yang ada, bila mana aset daerah yang sudah dilelang itu harus dirubah nama pemiliknya,” katanya.

Mudazir, salah satu warga di Kecamatan Bolaang Uki menyayangkan banyaknya kendaraan plat merah yang nunggak pajak. “Mereka kan harusnya jadi teladan," ujarnya.

Dia meminta agar para penunggak pajak yang berstatus ASN bisa segera melunasi kendaraannya. “Karena itu tanggung jawab kita kepada negara," tandasnya. (ctr-03/ite)

Kirim Komentar