14 Feb 2020 15:50

Pekerjaan Fisik di Delapan Desa Belum Tuntas

MyPassion
Meike Mamahit

MANADOPOST.ID--Proses penyelesaian fisik Dana Desa (Dandes) Tahun 2019 masih terus dilakukan hingga pertengahan Februari 2020. Hal tersebut, dikarenakan lambatnya penanganan fisik yang dilakukan sejumlah desa, sebagaimana dikatakan Kepala Inspektorat Kabupaten Boltim Dra Meike Mamahit MAP, Kamis (13/02) kemarin.

“Sesuai laporan auditor tim Inspektorat, masih ada beberapa desa yang belum merampungkan fisik Dandes 2019. Penanganan proyek fisik dinilai sangat lambat oleh Pemerintah Desa,” ujar Meike, Kamis (13/02) kemarin.

Hanya saja, kata Meike, pihaknya belum bisa memastikan berapa jumlah desa yang masih melakukan proses penyelesaian fisik dari pekerjaan Dandes Tahun 2019. Berdasarkan aturan, desa yang tidak bisa menyelesaikan fisik, diharuskan untuk mengembalikan sisa anggaran ke kas daerah.

“Dandes sudah diserahkan 100 persen, jadi setiap pekerjaan harus rampung diselesaikan. Jika tak selesai maka akan ada sisa anggaran dan jelas itu menjadi temuan,” kata Meike.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Boltim Uyun Kunaefi Pangalima S.Pd menyebutkan, masih terdapat delapan desa yang terkendala penyelesaian fisik Dandes 2019. Diantaranya, Desa Kotabunan Barat, Bulawan II, Paret, Motongkad, Motongkad Selatan, Atoga Timur, Molobog dan Nuangan Barat.

“Pada prinsipnya jika fisik tidak terselesaikan maka sudah jelas akan menjadi temuan, apalagi BPK sedang menjalani pemeriksaan LKPD 2019. Sebagai masukan, pemerintah desa sudah dingatkan agar permasalahan segera diselesaikan,” pungkas Uyun. (ctr-05/ite)

Kirim Komentar