14 Feb 2020 11:06

Menguasai DPD II, Tetty Bakal Mulus Pimpin Beringin Sulut

MyPassion
Ilustrasi

MANADOPOST.ID--Esok Musyawarah Daerah (Musda) Partai Golkar Sulawesi Utara (Sulut). Meski dihiasi persaingan di internal partai, namun kekuatan incumbent Ketua DPD I Golkar Sulut Christiany Eugenia Paruntu (CEP), masih sangat kuat.

Informasi yang dihimpung, Tetty sapaan akrabnya, menguasai lebih dari 10 DPD II dan sejumlah organisasi sayap Golkar. Artinya sudah lebih dari 2/3 hak suara.

Ketua Panitia Musda Golkar James Arthur Kojongian (JAK) mengatakan, Musda akan dilaksanakan Sabtu (15/2) esok. “Ini merupakan petunjuk organisasi. Setelah pelaksanaan Munas, Musda di provinsi harus dilaksanakan,” beber JAK. Dia memaparkan, pelaksanaan Musda ini disesuaikan dengan AD/ART dan Juklak.

Termasuk persyaratan siapa yang bisa diusung sebagai calon ketua DPD. “Setiap kader yang memenuhi persyaratan berhak dicalonkan dan diusung. Minimal ada dukungan 30 persen dari jumlah hak suara,” paparnya. Lebih jauh Wakil Ketua DPRD Sulut ini mengatakan hak suara meliputi 15 DPD II Golkar, organisasi sayap, perwakilan DPP dan DPD I provinsi, dan unsur dewan pertimbangan.

Mengenai kandidat calon, JAK menuturkan yang sudah menyatakan kesediaan diusung adalah Tetty Paruntu. “Baru satu calon,” tukasnya. Apakah akan aklamasi? JAK mengatakan tinggal melihat perkembangan ke depan. “Kalau ada calon lain tentu kita lakukan pemilihan. Kan Golkar adalah organisasi yang ada ADR/ART,” jelasnya. JAK memaparkan, sejumlah pengurus DPP akan menghadiri Musda ini.

Di sisi lain, pengamat politik Sulut Dr Stefanus Sampe mengatakan, mesin partai merupakan modal besar dalam memenangkan Pilkada. “Jika partai solid, maka cukup mudah untuk menang,” paparnya. Sejauh ini dia melihat, Golkar Sulut di bawah kepemimpinan CEP, sangat solid. “Meski hasil pileg turun, namun minim riak-riak internal yang bermunculan. Jika terus solid, maka target menang di Pilkada bisa terwujud,” sebutnya.(gel)

Kirim Komentar