14 Feb 2020 07:30

Ketua Dewan Pers Apresiasi Langkah OD-SK

MyPassion
M Nuh

MANADO- Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw (OD-SK), menjadi kepala daerah pertama se Indonesia, yang mampu menyelenggarakan pemerintahan khususnya di bidang penyebaran informasi komunikasi, yang patuh pada aturan pers.

Langkah tersebut direspon positif Ketua Dewan Pers M Nuh. Dia mengapresiasi Pemprov Sulut yang menertibkan media-media yang tidak memenuhi regulasi yang ditetapkan. Yakni perusahaan media harus terverifikasi administrasi dan faktual, serta wartawannya harus lulus uji kompetensi.
Mantan Mendikbud ini berharap langkah OD-SK ini diikuti pemerintah daerah lain. Katanya, aturan yang Pemprov Sulut lakukan ini, intinya masalah pertanggung jawaban.

"Bicara media atau pers, produk yang dihasilkan adalah informasi. Produk informasi yang dikeluarkan dan disebarluaskan ke publik, sumbernya harus jelas. Jadi, perusahaan pers itu harus ada untuk mempertanggung jawabkan informasi tersebut. Jika perusahaan persnya tidak ada kemudian produknya disebarluaskan ke publik, siapa yang mau tanggung jawab?" beber Nuh.

"Begitu juga pekerja pers yang mencari, mengumpulkan dan mengolah informasi. Jika tidak berkompeten, informasi yang didapat dan disebarluaskan, akan seperti apa?" tambah dia, sembari mengajak perusahaan pers dan wartawan untuk memenuhi kriteria sesuai UU Pers.

Terkait kerjasama perusahaan pers dengan pemerintah, Nuh menambahkan, pemerintah sebagai yang mengelola keuangan negara yang juga uang rakyat, tentu berharap bekerja sama dengan pihak yang jelas dan bertanggung jawab.

"Sebab, pemerintah itu mengeluarkan uang. Apa jadinya jika uang itu dibayarkan ke pihak yang tidak bertanggung jawab, lantas ada pemeriksaan BPK RI. Siapa yang akan bertanggung jawab?" tukasnya.(*)

Kirim Komentar