14 Feb 2020 15:46

Baru Dua Bulan, Sudah 20 Kasus Kekerasan Anak

MyPassion
Ilustrasi

MANADOPOST.ID--Selang dua bulan Januari hingga Februari, tercatat ada 20 kasus kekerasan terhahadap anak, di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong). Dari data yanga ada, kasus paling banyak terjadi Kecamatan Bolaang Timur, Bolaang, Poigar dan Lolak. 

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Bolmong Farida Mooduto mengatakan, perlu adanya sinergitas antara berbagai stakeholder terkait untuk melakukan penanganan terhadap kasus yang terjadi. 

"Harus ada sinergitas dari berbagai pihak, baik itu dari pemerintah desa, kecamatan, dan DP3A. Agar ada penegakan hukum yang memberi efek jerah terhadap pelaku," tegasnya.

Menurut dia, pihaknya akan mengawal semua kasus yang masuk dan akan memberikan bantuan hukum guna, memastikan pelaku mendapat hukuman sesuai perundang-undangan yang berlaku. 

"Jadi, kasus yang bisa diselesaikan dengan kekeluargaan hanyalah kasus KDRT ringan saja. Sedangkan kasus kekerasan terhadap anak, baik fisik, psikis, pelecehan seksual dan lain-lain itu harus diproses tanpa penyelesaian di luar hukum," ungkapnya. 

Terpisah, Kasi Kesejahteraan Anak DP3A Bolmong Rahmawati Gumohung mengatakan, dari 20 kasus yang terjadi, sudah beberapa yang selesai sementara yang lainnya sedang dalam proses di kepolisian. 

"Dari 20 kasus tersebut, 2 kasus sudah damai lewat mediasi dan 1 kasus lainnya diversi, yakni pengalihan penyelesaian perkara anak dari proses peradilan pidana ke proses di luar peradilan pidana," katanya.

Gumohung menambahkan, selain 3 kasus di atas, semuanya sedang proses di kepolisian. "Saat ini kasus tersebut sudah di kepolisian, ada yang sementara penyidikan dan ada yang sedang penyelidikan," pungkasnya. (ctr-04/ite) 

Kirim Komentar