13 Feb 2020 12:59

Gaji Guru Honorer Naik Maksimal 50 Persen

MyPassion
Ilustrasi

MANADOPOST.ID-- Setelah sebelumnya melakukan perubahan pada skema penyaluran dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) tahun 2020 yang disalurkan langsung dari rekening kas umum negara (RKUN) ke sekolah. Kali ini, menteri pendidikan dan kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengeluarkan kebijakan untuk menaikan gaji guru honorer dari BOS hingga maksimal 50 persen dari sebelumnya 15 persen.

Kepala Sekolah SMA Negeri 3 Manado Grace Lowing mengatakan sangat mendukung kebijakan pemerintah ini demi kemajuan pendidikan di daerah.

Itu bagus tapi syaratnya susah dipenuhi. Karena syaratnya ada NUPTK dulu, baik guru dan tenaga pendidikan. Sementara rata-rata guru honorer tidak memiliki NUPTK,” terangnya.

Dia melanjutkan, sementara untuk mengurus NUPTK itu agak susah, sebab guru bersangkutan harus minimal mengabdi selama 2 tahun dan butuh surat keputusan (SK) dari pemerintah.

“Kecuali penyaluran gaji ini tanpa syarat. Mana ada honorer yang seperti itu. Aturan perlu diperlunak karena rata-rata memang susah, tidak ada NUPTK,” ujarnya.

Dia membeber hingga kini SMA 3 ada 5 guru honorer, akan lebih sulit lagi sebab tahun ini akan ada 3 ASN yang pensiun. “Artinya kita masih akan cari tenaga honorer lagi. kami akan support peraturan itu tapi lunakan sedikit syaratnya,” imbuhnya.

Terpisah, Kepala Sekolah SMK PPN Kalasey Jemmy Jermias menambahkan sangat mendukung setiap program pemerintah yang dicanangkan.

“Artinya kualitas pendidikan kita sangat diperhatikan saat ini, bukan hanya siswanya saja, kurikulumnya, tetapi juga tenaga pendidik yang ada di dalamnya,” singkatnya.

Disisi lain, pengamat pendidikan Djouhari Kansil mengatakan skema penyaluran dan penggunaan dana BOS bisa saja berubah-ubah, namun intinya adalah pada perhatian dan pengawasan.

“Semuanya itu harus dipergunakan sebesar-besarnya untuk kepentingan dunia pendidikan, dalam rangka pengembangan infrastruktur dan kualitas belajar mengajar guna menghasilkan SDM yang unggul tentunya,” singkatnya. (asr)

Kirim Komentar