13 Feb 2020 14:47

DPRD Soalkan KK `Siluman`

MyPassion

MANADOPOST.ID-Dugaan Kartu Keluarga (KK) ‘siluman’ yang ditemukan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) bakal dipersoalkan DPRD Kota Manado.

Anggota Komisi VI DPRD Kota Manado Jeane Laluyan mengatakan, kaget mendapatkan laporan dari masyarakat terkait kasus KK Siluman di Dukcapil.

“Kami akan panggil Dinas Dukcapil untuk dimintai keterangan terkait ini. Kenapa sampai ada KK dengan 30 anggota keluarga, sementara tidak memiliki hubungan keluarga. Bahkan tidak tinggal di lokasi yang sesuai alamat,” ujarnya.

Menurut dia, ini dilakukan jangan sampai ada oknum memanfaatkan data tersebut untuk kepentingan lain. “Ini sangat berbahaya. Apalagi Manado masuk daerah pilkada. Makanya kami berencana memanggil Dinas Dukcapil,” tambahnya.  

Terpisah, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Manado Julises Oehlers SH membantah adanya KK ‘siluman’ tersebut. Menurut dia, KK dengan 30 anggota itu merupakan KK tampungan.

Datanya dibuat pada saat pemuktahiran data base 2015 untuk data anomali. Yaitu data yang tidak lengkap. Seperti nama orangtua dan sebagainya.

“Data dalam KK tidak dihapus tapi status tidak aktif. Jika yang bersangkutan datang untuk melengkapi data yang tidak lengkap, baru datanya akan diaktifkan kembali,” pungkasnya seraya menegaskan, tidak ada KK Siluman di Dukcapil Manado. (ite/gel)

Kirim Komentar