12 Feb 2020 10:28

E2L-CEP ke Demokrat

MyPassion
Ilustrasi

MANADOPOST.ID--Partai Demokrat membuka pendaftaran untuk pemilihan gubernur (pilgub). Kemarin, tiga figur mendaftarkan diri. Yakni Elly Engelbert Lasut (E2L) dan Christiany Eugenia Paruntu (CEP) daftar sebagai calon gubernur. Sementara Djelantik Mokodompit di posisi cawagub.

 

Maka pertarungan di pilgub kian ramai. Baik E2L maupun CEP berpotensi menjadi penantang serius. E2L mengatakan, hasil  survei dan dukungan masyarakat menjadi alasan dirinya mengajukan diri untuk maju di Pilgub. Apalagi survei menjadi persyaratan parpol untuk menentukan calon yang diusung.

 

"Kami sudah mempelajari hasil survei yang sudah kami lakukan. Nah ini yang menjadi alasan saya mengajukan diri untuk maju. Sehingga kalau parpol mencalonkan calon gubernur sesuai survei tentu saya bersyukur sekali," katanya.

Untuk itu, apakah akan diusung atau tidak dirinya menyerahkan semuanya ke keputusan parpol. "Saya sudah presentasikan survei yang kami pegang. Sehingga untuk apa akan diusung atau tidak kami kembalikan ke parpol," tukasnya.

Adapun, E2L juga tak menampik terkait peluang mendaftarkan diri di parpol lain. Lantaran sejauh ini dirinya sudah sempat berkomunikasi dengan sejumlah parpol. Mulai dari  Gerindra, PAN, PKS, hingga PSI.

"Semua sudah pernah dikomunikasikan. Namun lalu kami masih menunggu hasil survei. Sehingga saat ini survei sudah ada, saya siap jika akan diundang parpol lain. Dengan harapan partai menggunakan hasil survei sebagai tolak ukur," terang E2L, seraya menambahkan jika diundang PDIP dirinya juga siap.

Jurubicara Golkar Sulut Feryando Lamaluta yang datang bersama James Arthur Kojongian dan Raski Mokodompit mengatakan, mendaftarkan diri di Golkar bentuk keseriusan CEP bertarung di pilgub.

“Kursi Golkar memang tidak cukup untuk mengusung. Jadi komunikasi dengan partai lain harus dilakukan,” sebut Lamaluta. Dia menambahkan, selain di Demokrat CEP juga sudah daftarkan diri di Partai NasDem. “Kita siap bertarung,” tandasnya.

Sementara, Wakil Ketua Tim Penjaringan Demokrat Sulut Setly Kodong mengatakan sejauh ini sudah ada tiga nama mendaftar. Termasuk E2L dan CEP. "Yang sudah daftar E2L, CEP, dan Djelantik Mokodompit," terangnya. 

Nama-nama tersebut menurut Setly akan diusulkan ke Majelis Tinggi Partai Demokrat. Namun siapa yang akan diusung dilihat sesuai hasil survei. "Salah satu parameter yaitu akan melalui survei," tukasnya.

Di sisi lain, CEP dan E2L masuk bursa cagub berdasarkan polling yang dilakukan Manado Post. Di pekan kedua Februari 2020, CEP berada di posisi empat kemudian E2L di tujuh.

Diketahui CEP dan E2L punya basis massa berbeda. Jika CEP berjaya di Minahasa Selatan maka E2L unggul di kepulauan. CEP bisa dikatakan lebih unggul. Karena dia merupakan Ketua DPD I Golkar Sulut.(gel)

Kirim Komentar