10 Feb 2020 10:06

Lima Hari Lagi SP Online Dimulai

MyPassion

MANADOPOST.ID--Lima hari lagi, Sensus Penduduk (SP) 2020 secara online akan dimulai. Tepatnya pada 15 Februari pekan ini. Badan Pusat Statistik (BPS) pun bekerja sama dengan stakeholder, baik Pemerintah Provinsi, Kabupaten/ Kota, BUMN, Swasta dan juga tokoh agama untuk mensuskeskan SP Online tersebut.

Kepala BPS Sulut Ateng Hartono kembali mengingtkan, agar saat proses pengisian data secara online, masyarakat wajib memberikan data yang akurat. “Sabtu pekan ini SP Online akan dimuali. Caranya mudah, mulai masuk melalui sensus.bps.go.id lalu ikuti langkah selanjutnya,(lihat grafis),” sebutnya.

Lanjutnya, tahap untuk pengisian data online tersebut akan berakhir pada 31 Maret. Setelah itu dilanjutkan dengan SP wawancara pada bulan Juli. Lanjutnya, dalam SP nanti ada sekira 21 pertanyaan yang akan diberikan. Mulai dari Nomor Induk Kependudukan (NIK), alamat lama tinggal, jenis kelamin, tempat tanggal lahir, status dalam keluarga dan juga pertanyaan penting lainnya.

“SP ini sangat penting, karena dengan ini akan didapatkan data yang akurat. Nnatinya bisa dijadikan acuan oleh pemerintah dalam mengambil sebuah kebijakan untuk kesejahteraan masyarakat,” bebernya.

Hartono tak memungkiri, untuk online, pasti aka ada kendala yang dihadapi. Khususnya soal jaringan. Sehingga pihaknya belum menaruh ekspektasi yang tinggi. “Kami belum menargetkan semuanya harus maksimal. Yang terpenting adalah keakuratan data yang disampaikan,” tukasnya.  

Dari sisi pemerintah, Gubernur Sulut Olly Dondokambey (OD) pun mengajak semua rakyat Sulut untuk berpartisipasi dalam SP Online dan wawancara yang akan dilakukan BPS dan petugas sensus lainnya. “ Kita harus mensukseskan SP 2020. Isi data yang benar, Sulut harus menjadi contoh daerah lain. Pemerintah akan terus mendukung,” tutupnya.

Diketahui, untuk mensukseskan SP 2020, BPS akan merekrut sekira 3.400 pekerja sensus yang terdiri dari dua generasi. Yakni milenial dan colonial. Kolaborasi dari dua generasi tersebut diyakini bisa mensukseskan program SP 2020. (ayu)

Kirim Komentar