10 Feb 2020 10:03
2020 Bakudapa di Ibu Kota Jakarta

Kawanua Muda Sebar Spirit Sam Ratulangi

MyPassion
Kawanua Muda Jakarta saat acara #2020bakumpul di Temu Coffee Mbloc Space, Blok M, Jakarta, Sabtu (25/1) lalu. (Ryan Tewu for Manado Post)

Menyebarkan filosofi Dr GSSJ Ratulangi, ‘Situou Timou Tumou Tou’ yang berarti manusia hidup untuk memanusiakan manusia lain menjadi tujuan utama kawanua muda di Jakarta berkumpul.

 

Laporan: Foggen Bolung, Jakarta

DIMOTORI Kawanua Creative Jakarta, sekira 70 anak muda berdarah Sulawesi Utara (Sulut) memadati Titik Temo Coffee Mbloc Space, Blok M Jakarta Selatan. Coffee house yang menjadi tempat nongkrong anak muda Jakarta tersebut saat itu seakan di-take over kawanua. Logat dan aksen ‘kita ngana’ memadati cafe yang bertema cozy tersebut.

Bertemakan ‘2020 Bakudapa’, anak muda kawanua yang berdomisili di Jakarta dari berbagai latar belakang berkumpul. Ada yang berprofesi sebagai influencer, pekerja start-up, fashion designer, fotografer artis, host tv nasional, karyawan swasta, pemerintahan hingga mahasiswa membaur jadi satu.

“Sejujurnya kita tidak menyangka bisa sebanyak ini yang terkumpul di iven perdana tahun 2020 ini. Acara ini digagas untuk menjadi wadah bertemu kawanua muda di Jakarta,” ucap Ryan Tewu, salah satu penggagas acara #2020Bakudapa ini.

Ryan yang berprofesi sebagai official photographer dari Ruth Sahanaya ini mengatakan, ajang pertemuan ini selain sebagai perkenalan kawanua muda yang berdomisili di Jakarta, juga menjadi wadah informasi.

“Kita membentuk grup Whats App semua yang hadir. Total hampir 70 member. Semua berisi kawanua muda yang tinggal di Jakarta. Di sini kita berbagi informasi baik lowongan pekerjaan, peluang kerjasama ataupun acara-acara serta kegiatan yang bermanfaat. Intinya, seperti kata Dr Sam Ratulangi, memanusiakan manusia lain,” kata Ryan.

Harapan untuk iven bakumpul menjadi agenda rutin pun keluar dari Captain Kawanua Creative Jakarta ini. “Kami berharap, iven bakumpul ini akan rutin dilakukan. Selain menjaga hubungan antar kawanua muda di Jakarta, juga menjadi tempat share informasi yang mungkin bisa berguna bagi semua member,” sebut Ryan.

Dia pun menegaskan, kawanua muda Jakarta ini tidak terafiliasi dengan organiasi kerukunan kawanua manapun apalagi kepentingan politik.

“Kami bukan organisasi, kami adalah movement atau pergerakan kawanua muda yang merantau di Jakarta. Tidak ada kepentingan apa-apa, murni menjabarkan filsafah Sam Ratulangi yaitu Sitou Timou Tumou Tou,” kata  Ryan sembari menambahkan, informasi soal kawanua muda Jakarta bisa didapatkan di akun Instagram @kawanuacreative. “Pantau saja update info di akun instagram dan jika ada anak muda yang berdomisili di Jakarta tapi belum terjangkau bisa DM ke Kawanua Creative,” kuncinya.

Sementara, sejumlah kawanua muda yang hadir mengaku sangat senang bisa berkumpul bersama. “Wah pastinya senang sekali bisa berada bersama teman-teman kawanua muda. Serasa berada di kampung halaman,” ucap Harini Sondakh, salah satu alumni Miss Indonesia yang kini aktif sebagai host salah satu TV nasional.(fgn)

Kirim Komentar