05 Feb 2020 19:24
2019, Hampir Semua Program Terealisasi

FPIK Unsrat Target Terima 350 Mahasiswa Baru

MyPassion
Dekan FPIK Unsrat Prof Ir Farnis Boneka MSc.

MANADOPOST.ID- Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado telah menunjukkan eksistensinya di dunia pendidikan. Buktinya, 2019 lalu banyak capaian yang diraih. "Mungkin semua program yang kami rencanakan terealisasi. Hanya ada 1 atau 2 program yang tidak terlaksana terkait pengembangan SDM. Tapi secara umum tahun lalu hampir semua terealisasi," kata Dekan FPIK Unsrat Prof Ir Farnis Boneka MSc.

Lanjutnya, tahun lalu Program Studi Budidaya Perairan Terakreditasi A. Pihaknya juga telah membuat delapan pengembangan kurikulum, jumlah publikasi riset FPIK melebihi dari yang ditargetkan. Jadi, pada umumnya program melampaui berdasarkan indikator-indikator baik riset hingga pengabdian pada masyarakat. "Yang tidak terpenuhi salah satunya adalah pendidikan guru besar dan tahun lalu ada 5 orang dalam proses, berharap akan ada 5 profesor di tahun 2020. Saya terus mendorong agar profesor meningkat di FPIK karena ada juga yang akan pensiun. Walaupun memang di Unsrat, FPIK termasuk banyak profesor karena ada sekitar 18 orang," ujarnya.

Kata Prof Farnis, tahun ini FPIK akan menerima 300 mahasiswa baru dan maksimumnya 350. Lebih dari itu pihaknya akan kesulitan dalam ruang kelas dan praktikum. Dengan adanya laboratorium dan gedung baru bisa memenuhi syarat standart untuk FPIK menerima mahasiswa asing. "Kami akan tingkatkan penambahan mahasiswa asing S2 dengan membuka jaringan-jaringan baru (kerjasama) dengan negara luar negeri. Intinya kami akan berbenah, apabila fasilitas bagus dan memadai banyak orang yang akan tertarik kuliah di FPIK. Kalau SDM kami ada, kami berharap pihak universitas memberikan dukungan," ucapnya.

Selain itu juga sambungnya, FPIK akan mengikuti akreditasi internasional. Tahun ini ada 3 prodi yang didaftarkan, yakni prodi Ilmu Kelautan, Teknologi Pangan dan prodi S2. Tapi tahun ini juga, ada 1 laboratorium yang akan di akreditasi International Organization for Standardization (ISO), tinggal menunggu visitasi bulan Juni. "Tentunya kami berusaha agar FPIK Unsrat meningkat dalam segala aspek dan semuanya terukur," kunci Prof Farnis. (Lina Pendong)

Kirim Komentar