24 Jan 2020 20:24

2020, SMAN 9 Fokus Visi-Misi

MyPassion
Drs Meidy Tungkagi MSi

MANADOPOST.ID- Di tahun 2020, SMAN 9 Binsus Manado akan terus berupaya agar sekolah yang dicintai dan dibanggakan ini berjalan sesuai dengan visi dan misi. "Yang paling pokok adalah disiplin dan pendidikan karakter itu harus diperbaiki, karena dilihat sekarang terjadi pergeseran dampak karakter tapi bersyukur SMAN 9 Binsus Manado sampai saat ini pendidikan karakter sudah sangat meningkat, jumlah siswa terlambat sudah semakin sedikit," ujar kepala SMAN 9 Binsus Manado Drs Meidy Tungkagi MSi, Jumat (24/1).

Tambahnya, di tahun ini juga penggunaan ponsel genggam untuk para murid belum dizinkan. Jika anak-anak akan memakai internet, di sekolah telah tersedia ruangan multimedia. "Walaupun handphone banyak fungsi dan kegunaan, seringkali disalahgunakan. Banyak anak-anak sudah tergantung pada game sehingga waktu belajar mereka menjadi sedikit," terangnya.

Ia melanjutkan, pihaknya juga akan berupaya menurunkan angka siswa yang membawa kendaraan ke sekolah. Khususnya bagi mereka yang belum memiliki surat izin mengemudi (SIM) baik roda dua maupun roda empat. Sudah dua tahun ini, pihaknya melarang anak-anak parkir kendaraan di lingkungan sekolah apabila belum ada SIM. Tetapi masih ada saja, para murid belum cukup umur membawa kendaraan dan itu tidak diparkir di sekolah. "Kami juga berupaya agar pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) terlaksana sebaik mungkin. Anak-anak kami akan mengikuti bimbingan belajar (bimbel) setiap Senin-Kamis," lanjut dia.

Tungkagi mengatakan, sekolahnya akan mengaktifkan kegiatan ekstrakurikuler yakni pramuka dan kegiatan ini wajib diikuti siswa dan guru. Selain itu juga kami akan mempertahankan prestasi baik di olimpiade sains, olahraga, kesenian maupun dalam lomba-lomba lainnya, seperti olimpiade bahasa asing, debat bahasa Inggris, debat bahasa Indonesia dan 4 pilar.

"Kami juga sangat mendukung program Kepala Dinas Pendidikan Daerah Sulawesi Utara, di mana bukan hanya kejar output tetapi juga outcome. Karena kami lihat keterampilan anak-anak kami berinovasi cukup tinggi dan kemauan mereka untuk belajar sangat besar, buktinya banyak lulusan SMAN 9 Binsus Manado menuntut ilmu baik didalam dan luar negeri, seperti Akpol, IPDN, ABRI, UI, ITB, UGM, Universitas Udayana Bali, Unsrat, Unima dan lain-lain," kuncinya.
(Lina Pendong)

Kirim Komentar