12 Jan 2020 00:57

SSD Eksternal Ini Dibekali Fitur Keamanan Biometrik

MyPassion
SSD eksternal dengan fitur keamanan biometrik pemindai sidik jari. (Samsung)

PERANGKAT penyimpanan data portabel semisal Solid State Drive (SSD) eksternal sedang sangat populer akhir-akhir ini. Dari sekian banyak merek SSD eksternal di pasaran, belum banyak yang memperhatikan aspek perlindungan perangkat yang mumpuni dengan sistem keamanan tambahan seperti biometrik.

Namun kini, inovasi baru dihadirkan oleh pembuat SSD eksternal dengan menambahkan fitur biometrik pemindai sidik jari pada perangkat SSD eksternal besutannya. Adalah Samsung yang membuat SSD eksternal dengan tambahan fitur keamanan berupa pemindai sidik jari. Dikutip dari laman resminya, perangkat SSD eksternal dimaksud adalah T7 Touch dengan identifikasi pembaca sidik jari.

Dengan cara ini, siapapun dapat yakin bahwa data sensitif mereka akan aman bahkan jika user salah menempatkan drive yang sebenarnya. “Konsumen tentu ingin dapat dengan aman membawa konten mereka,” kata wakil presiden Brand Product Biz Team Bisnis Memori Samsung Electronics Dr. Mike Mang.

“Sekarang data mereka aman berkat fungsionalitas pengenalan sidik jari yang dimasukkan ke dalam produk, yang memberikan kecepatan transfer terdepan di industri dalam faktor bentuk yang ringkas,” imbuhnya.

Dirancang untuk pengguna profesional dan kasual, Samsung T7 Touch menyediakan kapasitas yang cukup untuk menyimpan banyak gambar, game, atau video 4K atau 8K dengan aman, baik di PC, tablet, smartphone atau konsol game, serta daya tahan untuk menyimpan konten dengan aman.

T7 Touch hadir untuk menggantikan T5 dari tahun lalu dengan menawarkan pemindai sidik jari kapasitif dan enkripsi perangkat keras AES 256-bit dan kata sandi untuk keamanan tambahan. Selain itu, T7 Touch membanggakan kecepatan baca 1 GB per detik yang hampir dua kali lebih cepat dari pendahulunya.

Pilihan konektivitas termasuk USB-C ke USB-C dan USB-C ke USB-A sementara konektor perangkat mendukung kecepatan 10 Gbps di atas USB 3.2 (Gen 2). T7 Touch hadir dalam tiga varian, 500 GB seharga USD 129 atau setara dengan Rp 1,7 jutaan, 1 TB seharga USD 229 atau setara dengan Rp 3,1 jutaan dan top varian 2 TB seharga USD 399 atau berkisar Rp 5,4 jutaan.

Ketersediaan perangkat SSD eksternal dengan fitur pemindai sidik jari ini direncanakan bakal dijual bulan ini. Masing-masing model SSD eksternal ditawarkan dengan kasing titanium berwarna hitam dan perak dan semuanya hanya berbobot 58 gram.(JPC)

Kirim Komentar