05 Des 2019 20:36

Spesifikasi Harley-Davidson Seri Shovelhead Hasil Selundupan

MyPassion
Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati saat mengecek komponen Harley Davidson dan Brompton, di Jakarta, Kamis (5/12). (Romys Binekasri/JawaPos.com)

RAMAI dibicarakan terkait barang selundupan motor Harley-Davidson yang menyeret Direktur utama Garuda. Ya, barang selundupan ini bukan barang sembarangan. Bukan rahasia umum bagi pecinta moge (motor gede) dari Amerika ini kalau jenis Harley yang diselundupkan adalah barang langkah dan menjadi incaran para kolektor.

Harley Davidson yang diselundupkan menurut Menteri BUMN Eric Tohir saat jumpa pers siang tadi, Kamis (4/12) adalah seri Shovelhead. Juga disebutkan kalau motor ini buatan tahun 1970. Pantas kalau motor ini sangat diburu para kolektor.

Namun dari wujud komponen yang ditampilkan mirip dengan Electra Glide Shovelhead 1970. Ya, ini memang motor klasik dan paling hit di jamannya. Menurut Menteri keuangan Srimulyani harga moge ini diperkirakan Rp 800 jutaan. Namun perkiraan ini bisa lebih kalau sudah sampai dan menjadi buruan kolektor.

Sebagai informasi Shovelhead adalah jenis mesin sepeda motor yang diproduksi oleh Harley-Davidson dari tahun 1966 hingga 1984, dibangun sebagai penerus dari mesin Panhead sebelumnya.

Ketika mesin pertama kali diproduksi, Shovelhead memiliki ruang pembakaran yang lebih dangkal, penurunan katup yang lebih besar untuk intake dan knalpot, porting yang lebih baik, dan katup dan piston yang lebih kuat. Ini memberi mesin baru tambahan 10 tenaga kuda, bersama dengan penampilan yang berbeda.

Namun moge yang diperkirakan Electra Glide Shovelhead berkapasitas mesin 1338cc 2 Silinder dengan konfigurasi mesin V-Twin. Berat kering kendaraan ini sekitar 330 kg. Tenaga maksimalnya mampu menyentuh 58 daya kuda (dk) pada 5.150 rpm.(jpc)

Kirim Komentar